Plan, Do, Check, Action atau biasa disebut dengan PDCA merupakan analisa sederhana untuk menentukan langkah ke depan perusahaan. Untuk menghadapi persaingan dengan pesaing, perusahaan perlu menganalisa apa yang sebenarnya menjadi hambatan atau kekurangan dari perusahaan tersebut. Untuk itu diperlukan adanya perencanaan. Perencanaan (plan) dapat dilakukan dengan menyusun tujuan-tujuan ke depan yang akan diambil oleh perusahaan. Dalam menentukan perencanaan, diperlukan adanya beberapa pertimbangan terlebih dahulu mengenai kondisi perusahaan yang saat ini.
Setelah itu langkah kedua yaitu Do. Do atau biasa disebut dengan kondisi perusahaan saat ini. Istilah Do lebih cenderung mengungkapkan bagaimana perusahaan saat ini bekerja, apakah banyak pekerja yang menganggur atau bahkan kekurangan tenaga kerja. Istilah Do lebih menekankan kepada penilaian kondisi perusahaan saat ini.
Check atau dikenal dengan pengecekan. Pengecekan dilakukan untuk membandingkan antara plan dan do. Jadi fungsi dari check yaitu untuk mengetahui apakah kondisi perusahaan yang sedang berjalan saat ini sudah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan di awal. Dari hasil check, dapat diketahui beberapa kesenjangan antara plan dan do.
Yang terakhir yaitu Action. Action dapat dilakukan setelah mengetahui hasil dari check. Action digunakan untuk mengembalikan perusahaan ke tujuan awal (jika kondisi perusahaan saat ini tidak sesuai dengan rencana awal). Atau bisa juga digunakan untuk menentukan rencana perusahaan ke depannya lagi jika rencana awal sudah dipenuhi,